Rabu, 28 September 2011

Pesawat Pertama yang Dibuat Menggunakan Printer 3D

Ini adalah pesawat pertama di dunia yang dibuat  menggunakan teknologi  terobosan baru dari  pencetakan Tiga Dimensi  (3D).
Pesawat tak berawak

Walaupun hanya dibangun  hanya dengan menggunakan  komputer, namun pesawat  dengan sayap sepanjang dua  meter tersebut bisa melaju  dengan kecepatan 100 mil/jam  atau 160,9 km/jam.
Pesawat ini diproduksi  dengan menggunakan printer  laser nilon khusus, yang  membangun item lapis demi  lapis.
Bagian-bagian dibuat  terpisah dan kemudian  disatukan menggunakan teknik  khusus sehingga pesawat  dapat disatukan tanpa  bantuan alat dalam beberapa  menit. Tidak ada pengencang  yang digunakan dalam  pembuatan pesawat ini.
pesawat model

Terobosan oleh tim insinyur  dari Universitas Teknik  Komputasi dan kelompok  Penelitian Desain  Southampton ini dapat  merevolusi manufaktur  pesawat.
Tak berawak dan digerakan  dengan tenaga listrik,  pesawat ini juga dilengkapi  dengan miniatur sistem  autopilot.
Proses produksi khusus yang  digunakan oleh tim ini  dikenal sebagai ‘laser  sintering’ dan memungkinkan  desainer untuk menciptakan  bentuk dan struktur yang  biasanya akan melibatkan  teknik manufaktur yang  mahal.
pesawat model

Teknologi ini memungkinkan  pesawat ini dikembangkan  dari konsep sampai  penerbangan pertamanya  dengan hitungan hari,  sedangkan menggunakan bahan  konvensional dan teknik akan  memkan waktu berbulan-bulan.
Dan karena perkakas tidak  diperlukan untuk pembuatan,  perubahan radikal pada  bentuk dan skala pesawat  dapat dibuat tanpa biaya  tambahan.
Profesor Jim Scanlon, yang  memimpin tim dengan Profesor  Andy Keane, mengatakan:  “Proses ini memungkinkan tim  desain untuk meninjau  kembali sejarah teknik dan  ide yang akan mengeluarkan  biaya mahal dengan  menggunakan manufaktur  konvensional.”
sumber :http://www.berita.manadotoday.com/pesawat-pertama-yang-dibuat-menggunakan-printer-3d/6751.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...